beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

MUI Malang Keluarkan Fatwa Haram Valentine

MUI Malang Keluarkan Fatwa Haram Valentine

 
ratna ayu2
2016-02-14 14:54:39
ratna ayu2 Media 0 986
 
 
MUI Malang Keluarkan Fatwa Haram Valentine

MUI Malang Keluarkan Fatwa Haram Valentine

 

Berita Media Pilihan

 
 
 
 
 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang, mengeluarkan fatwa haram untuk memperingati hari kasih sayang atau Valentine, 14 Februari 2016.

Fatwa MUI Kota Malang Nomor 04/FTW-MUI/KTMLG/II/2016 tentang hukum merayakan Valentine bagi umat islam dikeluarkan 9 Februari 2016. Ditandatangani Ketua MUI Kota Malang Kiai Haji Baidlowi Muslich dan Ketua Komisi Fatwa, Kiai Haji Chamzawi.

"Banyak keluhan dari orang tua sehingga dikeluarkan fatwa," kata Baidlowi Muslich, Ahad 14 Februari 2016. Fatwa dikeluarkan setelah MUI bersidang pada 7 Februari 2016. 

Dalam pertimbangannya, MUI menyebut tak dikenal dalam sejarah dan budaya Islam. Selain itu, perayaan Valentine sarat dengan kegiatan mungkar, maksiat, dan mengancam pendidikan karakter bangsa.

Dasar fatwa dikeluarkan sesuai surat Al Isra yang melarang pergaulan bebas dan mendekati perbuatan zina. Selain itu, sesuai sabda Rosulullah yang diriwayatkan Ibnu Abiddunya-Marfu'. Dalam hadist disebutkan, tidak ada perbuatan dosa yang lebih besar sesudah syirik kepada Allah sesudah zina.

Orang tua, menurut Baidlowi, khawatir anaknya terlibat peringatan hari kasih sayang yang justru merusak akhlak. Untuk itu, para remaja diminta mengisi kegiatan yang bermaafaat daripada merayakan valentin.

Sebab, selama ini perayaan Valentine lebih banyak diwarnai kegiatan negatif. Kegiatan itu berpotensi merusak akhlak generasi muda. "Lebih banyak mudharat dibandingkan manfaat. Tugas kami mengingatkan umat," ujar Baidlowi.

MUI juga mencetak baliho dan surat edaran yang isinya mengajak anak muda tak memperingati Valentine. Lantaran Valentine tak sesuai dengan hukum Islam dan adat istiadat yang ada di Indonesia. 

"Daripada melanggar norma agama lebih baik berbagi kasih sayang kepada anak yatim dan kaum miskin," ujarnya. Apalagi selama ini ditemukan banyak kasus kekerasan seksual menimpa anak di bawah umur. 

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan